BELAJAR HAK ASASI

Menjalankan misi pendidikan HAM untuk kaum muda, Omah Munir bekerja sama dengan berbagai pihak dari elemen pendidikan formal untuk bersama-sama menjadi bagian dari penegakan hak asasi manusia di Indonesia.

Belajar HAK Asasi

Menjalankan misi pendidikan HAM untuk kaum muda, Omah Munir bekerja sama dengan berbagai pihak dari elemen pendidikan formal untuk bersama-sama menjadi bagian dari penegakan hak asasi manusia di Indonesia. Omah Munir bekerja sama dengan guru; pelajar dari TK, SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA; hingga mahasiswa untuk berpartisipasi dalam pendidikan hak asasi manusia. 

Belajar HAM ialah agenda penting Omah Munir yang diwujudkan melalui fasilitas museum untuk sarana belajar, maupun program dan kegiatan yang menunjang terlaksanakanya pendidikan hak asasi.

Mewarnai Sketsa Wajah Munir Tingkat TK dan SD/MI

Dalam rangka memperingati 10 tahun meninggalnya Munir, sekaligus merayakan ulang tahun Omah Munir yang pertama pada 7 September 2014 diselenggarakan lomba mewarnai tingkat TK dan SD/MI wilayah Kota Batu. 

Mengusung tema lomba “Munir Ada dan Berlipat Ganda”, kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan museum serta nilai-nilai kemanusiaan sejak dini. Kegiatan mewarnai dilaksanakan di halaman depan Omah Munir, Jalan Bukit Berbunga No.2, Desa Sidomulyo, Kota Batu.

Kegiatan lomba mewarnai para pelajar TK dan SD/MI diikuti oleh 50 peserta dari berbagai sekolah di Kota Batu. Dengan dipandu oleh MC para peserta diminta untuk mewarnai sketsa wajah sosok aktivis HAM, Munir. 

Kegiatan ini juga dihadiri oleh para orangtua dan guru pendamping dari peserta untuk menyaksikan secara langsung lomba mewarnai. Lomba mewarnai tingkat TK dan SD/MI mendapatkan apresiasi dari berbagai kalangan.

Penerbitan Video ‘Kenali Hak-Hak Mu’ untuk SMP

Buku ‘Kenali Hak-Hak Mu’ merupakan bagian dari seri pendidikan hak asasi manusia Omah Munir yang terbit pada Desember 2014. Berbentuk buku saku yang ringan dan minimalis serta dilengkapi dengan keterangan singkat mengenai 30 HAM dasar berdasarkan Deklarasi Universal Hak-Hak Asasi Manusia Tahun 1948. 

Buku ini menyasar pada pelajar-pelajar SMP dengan harapan dapat memberi kemudahan untuk memahami jenis-jenis hak asasi manusia.

Pengajaran Modul Pengayaan HAM di SMP

Masuki di ruang-ruang pendidikan formal, Omah Munir menyasar pada pengembangan materi hak asasi manusia yang umumnya terdapat di mata pelajaran PPKn.

Omah Munir menerbitkan modul pengayaan hak asasi manusia yang dapat digunakan untuk membantu pengajaran materi hak asasi manusia di tingkat SMP.

Modul pengayaan HAM yang dikeluarkan oleh Omah Munir telah disesuaikan dengan standar kurikulum dan disusun dengan melibatkan guru, aktivis, praktisi pendidikan anak, sehingga modul lebih implementatif.

Modul pengayaan HAM di tingkat SMP telah melalui tahap uji coba di sekolah. Salah satu sekolah yang disasar adalah SMPN 1 Batu. Modul pengayaan HAM yang telah diterapkan di SMPN 1 Batu disampaikan dengan metode fun learning, sehingga pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. Siswa dapat memahami hak asasi manusia dengan lebih mudah.

Debat HAM Tingkat SMA/SMK/MA

Pendidikan HAM merupakan salah satu perhatian utama pendirian Museum HAM Omah Munir. Sesuai dengan visi Omah Munir, generasi muda seperti pelajar dan pendidik (guru) menjadi sasaran utama implementasi pendidikan HAM. 

Sebagai bentuk pelaksanaan pendidikan HAM, Omah Munir mengajak para pelajar di tingkat SMA/MA/SMK regional Malang untuk mengenal sosok Munir dan hak asasi manusia melalui lomba debat yang diselenggarakan pada 2, 4, 6,dan 8 Desember 2016. 

Bertemakan “Menyimak Munir, Mendalami HAM” kegiatan lomba debat HAM tingkat SMA/MA/SMK regional Malang dalam rangka peringatan tiga tahun Omah Munir dan Hari HAM Internasional dilaksanakan di Auditorium Ki Hadjar Dewantara, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang.

Modul Mudah dan Cepat Memahami Hak Asasi Manusia untuk Guru PPKn dan Siswa SMA

Dalam rangka mengimplementasikan pendidikan hak asasi manusia, Omah Munir pernah mengadakan kuliah umum. Bertepatan dengan bulan Ramadhan, tema kegiatan ini adalah “Ramadhan&Human Rights: Lecture Melawan Lupa Omah Munir”. 

Acara ini dilaksanakan pada 2 Juli 2014 di Gedung Langen Palikrama Auditorium Pegadaian, Jakarta Pusat. Kuliah umum ini diisi oleh: 

(1) Karlina Supeli yang membawakan materi ‘Hak Asasi Manusia, Impunitas, dan Melawan Lupa’; 

(2) Menteri Agama (Lukman Hakim Saifuddin) yang membawakan materi ‘Agama dan Hak Asasi Manusia’. Kuliah umum ini didukung oleh KontraS, The Body Shop, Solaria, Imparsial, Yayasan TIFA, dan Titimangsa Foundation. Sekaligus dimeriahkan oleh MC (Rosiana Silalahi dan Bayu Sutiyono), musik (Glenn Fredly dan Gigi Band), serta musikalisasi puisi (Fajar Merah dan Diva Suukyi).